HIKMAH

Malang, January 20th 2013

Well, today aku mengalami banyak kejadian. Dimulai dari sebelum aku berangkat ke Malang, sampai aku sampai di Malang. Ceritanaya dari awal kan ya aku malem minggu itu jadwalku berangkat ke Malang. Dan aku udah beberapa hari yang lalu itu “ngidam” bakso. Tapi belum keturutan-keturutan. Dan keturutan waktu aku mw berangkat ke Malang tadi malam.

Dan berangkatlah kita (aku, Dea, Iif). Aku ngebonceng Ibuk, sekalian nganter ke rumahnya nenekku. Dea boncengan sama Iif. Di jalan itu, aku adu mulut terus sama Ibu gara-gara cara nyetir motor aku. Emang sih aku nyetirnya nggak pake aturan. *hehehe*

Dan karena dari awal mood udah jelek, jadinya malah ruwet. Singkat cerita, abis aku nganterin Ibu ke rumahnya nenekku, aku sama anak-anak itu mbakso di Pak Irun. Ya sudah kita mbakso sampe selesai. Bakso selesai, mbakku baru nongol. Dia bareng temen-temen ceweknya. Aku sama Dea and Iif duluan pulang. Kita rencana ngobrol dulu dirumahku sambil nganter kepulanganku ke Malang. Sampe rumah ternyata Ayahku mau pengajian dan adikku dirumah sendiri. Aku kan ngomong, “berarti aku berangkatnya nggak ada yang nganter?”. Dan beliau menyuruhkku untuk njemput Ibuk biar adikku juga nggak sendirian dirumah. Jelas aku males kan ya. Aku kan udah ganti baju, udah aku copotin kerudungku dan mau sholat Isya’, kok malah disuruh ini itu? Apalagi aku kan mau berangkat, otomatis aku packing juga sama barang-barang yang belum aku masukin.

Eeee… ternyata ayahku udah berangkat duluan. Adikku nggak dibawa sekalian. *kaya barang aja dibawa* Aku kira Ayahku sekalian njemput Ibu di rumah nenek. Ya udah adikku aku biarin aja. *kasian banget dia* Lama kelama-an kok lama. Ternyata ayah nggak jemput Ibu, beliau langsung ke pengajian. Jadilah waktu aku dijemput travel, aku buru-buru. Karena kan dari awal pak travelnya aku konfirmasi nggak dibales sms ku. Jadi aku belum siap total dengan packingan-ku. Aku buru-buru dan aku bingung dengan nasib adikku. Masa iya dia aku tinggal? Untungnya masih ada mereka (Dea, Iif), jadi mereka aku suruh nemenin adikku bentar sampe mbak Tyas pulang. Di travel, aku sms orang-orang rumah, aku kasih tau Nisa (adikku-red) dirumah sendiri, cuma sama Dea Iif, aku suruh mereka cepet pulang. Eee… aku malah dimarahin ayah, katanya beliau tadi kan udah nyuruh aku untuk njemput Ibu. Aku jawab aja aku kira beliau jadi njemput Ibu. *ngeles ceritanya*

Nah, di travel waktu sampe Widoro, aku kan ngecek uang di dompet. Dan ternyata 2 STNK motor-ku aku bawa semua! Kurang apa coba kebodohanku? Parah banget! Aku udah bingung sendiri. Langsung telpon Mbakku. Bingung ngasih tau ini dimana. Dan untungnya yang dijemput di Widoro itu temen sesekolahku waktu SMA. Namanya Intan. Langsung aku bisa bernafas lega. Dia nyuruh aku untuk nitipin aja STNK-nya ke ayahnya. Nyuruh kasih tau aja ke orang rumah untuk ngambil di “Oka Putra Motor”. Dan aku lakuin apa yang dia bilang. Alhamdulillah… masih selamet aku.. terimakasih Ya Allah.. *beneran bersyukur, nggak goyang-goyang*

Abis itu, aku ditravel langsung tidur, coz yang berangkat cuma 4 orang. Pules deh tidurku. Kursinya aku jengatin sampe kaya kasur. Jadi bisa tidur sambil slonjor. Sampe Malang, dan sampe gang kos itu aku baru inget sesuatu yang sangat berpengaruh dengan hidupku di kosan! KUNCI KAMARKU ketinggalan!!! PARAH BANGET!! Ini kunci kamar lho yang ketinggalan. Terus aku mau tidur dimana kalo kamarku nggak kebuka?? Dan untungnya otakku masih bisa digunakan untuk berpikir. Waktu gerbang kkos dibuka, aku langsung bilang sama Mak Kos-ku, minjem kuncinya bentar buat buka kamar. Dan ternyata dibolehin. *padahal biasanya sadis loh* Tapiii cuma sekali doang. Nggak diserahin sepenuhnya. Jadi kalo aku keluar kos, kamarku nggak aku kunci. -_- *sedih banget*. Tapi masih untunglah masih dipinjemin. Kalo nggak, nggak tau deh aku tidur dimana? Tidur diteras kamar koskah? *mati kaku aku* -.-

Satu masalah lagi selesai. Aku tinggal sholat subuh sama tiduran bentar. Bangun-bangun udah jam setengan 8 dan ada sms dari Puput. Kita kan janjian mau ke PM (Pasar Minggu). Langsung buru-buru lagi aku. Emang yah, hidupku serba buru-buru -___- sebelum ke PM, kita ngefull-in perut dulu di warung kesayangan yang murah meriah dan banyak nasinya. Inilah “Warung Biru” *wkwkkw* padahal nama aslinya bukan itu. Lupa aku. Kalo nggak salah “RAMA”. Tapi enakan disebut Warung Biru, coz, tutup warungnya warnanya biru. Kita loh yang namain itu, maksudku aku dan anak-anak kos yang lain. 😀

Abis itu kita jalan lagi, nyegat ADL. Dan akhirnya berangkatlah kita ke tempat tujuan utama kita, Pasar Minggu. Yang adanya cuma di hari Minggu doang. 😀 *iyalah, namanya juga pasar minggu* kita jalan-jalan jauuuhh.. sampe kaki rempong. Dan cuma dapet Dompet buat ayahku sama kadonya temennya Puput. Ini temanya cari kado. Aku dapet dompet harganya 65ribu. Lumayanlah. Dan Puput dapet gantungan kamar buat temennya. Abis itu kita pulang. 🙂 dan ada kejadian lucu waktu di angkot. Kan ada banyak penumpang, nah salah satunya ada segerombolan cewek yang abis mborong di PM, mereka udah ngumpulin duit ke satu orang temennya buat dibayarin ntar waktu udah sampe tujuan. Dan nggak sengajanya, ada temennya yang nyuruh dia mbuang sampah, nah itu sampah diletakin di tangan yang megang uang, jadilah itu uang dibuang sekalian. LOL 😀 PARAH BANGET!! Uang kog dibuang buang. Wkwkwkk…. Kasian banget ngeliat mukannya si cewek yang ngebuang uang. Dia ngerasa bersalah banget sama temen-temennya. Aku pengen ketawa, tapi aku tahan, kasian.. itu satu gerombolan loh. Jadi uangnya banyak. Ada kali 10ribu an. LOL

Dan setelah mendem ketawa dari angkot tadi, sekarang lah puncak dari semuanya. Sampai kosan aku masih santai-santai seperti biasanya. Masih download-in video-videonya SJM FanMeeting dll. Nah sebelum magrib ini aku baru sadar. Entah dapet angin dari mana, tiba-tiba aku keinget sama kuitansi pembayaran SPP. Aku lupa itu aku taruh dimana. Sampe isi dompet aku keluarin semua, kali aja disana. Tapi keberuntungan belum memihakku. Kuitansinya nggak ada!! >!< *MATI AKU!* Itu kan bukti pembayarannya?? Kalo nggak ada itu gimana KRS-an ku? Percuma aku ke Malang ngabisin duit?! Langsung aku sms mbakku. nyuruh dia ngobrak-ngabrik seluruh kamarku. Tapi nggak ketemu!! Desperate sumpah aku saat itu. Bener-bener hampir hilang akal. Aku langsung ngetwit. Tanya-tanya sama anak-anak dan kakak tingkatku yang untungnya ol. Kalo kata temenku sih kayaknya nggak terlalu pengaruh sama KRS, tapi si kakak tingkatku itu ngomong, kan itu bukti pembayaran buat stampel juga ke akademik. Langsung speechless aku. Cari info dimana-mana katanya gitu. T_T Beneran mau nangis rasanya *tapi nggak nangis-nangis*

Dan aku memutuskan magrib-an dulu, berdoá minta petunjuk sama Allah SWT. Abis itu berdoá dan ngaji. Abis sholat itu aku kaya dapet pencerahan gitu. Keinget kalo aku naruh kuitansinya di tas AXIOO yang belakang, barengan sama kunci kos yang ketinggalan juga. Langsung sms mbak Tyas nginfo-in itu semua. Dan ternyata bener! Terimaksih Ya Allah… dan langsung ngubrak-abrik twit juga, mention Ridha yang katanya besok malem mau balik ke Malang. Abis itu sms mbak Tyas, njelasin semuanya, suruh nitipin itu kuitansi dan kunciku ke Ridha aja.

Aku terusin ngaji-ku dulu, abis itu aku kelarin semuanya. Abis ngaji, aku sms Raras, minta nope-nya Ridha. Nggak cukup cuma mention twitter doang. Aku sms ke Ridha, minta tolong setolong-tolongnya. Dan Alhamdulillah dia mau. Terimaksih sekali lagi Ya ALLAH SWT. Engkau memang Maha Tahu, Maha Pengasih & Penyayang..

Emang semua masalah itu harus diselesein dengan kepala jernih dulu dan hati yang tenang. Terutama juga minta petunjuk pada Allah SWT… Untuk kejadian kali ini aku bener-bener tahu apa itu arti bersyukur, momohon dan berdoá. Semua disadari dengan hati yang tenang dan benar-benar memohon. Itulah kuasa Illahi. Dan itulah hikmah yang aku terima untuk hari ini. banyak banget yang aku pelajari. Semoga dikemudian hari aku nggak seceroboh dan sebodoh ini…

2 thoughts on “HIKMAH

Leave a comment