Contoh Soal Latihan UAS PKn

Deskripsikanlah konsep dasar wawasan nusantara tentang wadah!

Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Wadah – Wujud Wilayah

Batas ruang lingkup wilayah nusantara ditentukan oleh lautan yang di dalamnya terdapat gugusan ribuan pulau yang saling dihubungkan oleh perairan. Oleh karena itu Nusantara dibatasi oleh lautan dan daratan serta dihubungkan oleh perairan didalamnya.

Setelah bernegara dalam negara kesatuan Republik Indonesia, bangsa indonesia memiliki organisasi kenegaraan yang merupakan wadah berbagi kegiatn kenegaraan dalam wujud suprastruktur politik. Sementara itu, wadah dalam kehidupan bermasyarakat adalah lembaga dalam wujud infrastruktur politik.

Jelaskan pengertian mendaasar HAM dan Demokrasi Pancasila! Serta berikan contoh konkritnya!

  • HAM adalah hak dasar yang dimiliki oleh setiap manusia menurut harkat dan martabatnya. Bukan pemberian dari orang tua, masyarakat atau Negara, tetapi murni dari Tuhan YME dan sudah melekat dalam diri manusia sejak lahir/belum dilahirkan. Juga HAM tidak bisa dihapus oleh apapun, siapapun dan dengan cara apapun.

Contoh : Bebas mengeluarkan pendapat, Mempunyai hak untuk memiliki dan dimiliki.

  • Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang berdasarkan kekeluargaan dan gotong-royong yang ditujukan kepada kesejahteraan rakyat, yang mengandung unsur-unsur berkesadaran religius, berdasarkan kebenaran, kecintaan dan budi pekerti luhur, berkepribadian dan berkesinambungan. Dalam demokrasi Pancasila, sistem pengorganisasian negara dilakukan oleh rakyat sendiri atau dengan persetujuan rakyat. Dalam demokrasi Pancas
    ila kebebasan individu tidak bersifat mutlak, tetapi harus diselaraskan dengan tanggung jawab sosial. Dalam demokrasi Pancasila, keuniversalan cita-cita demokrasi dipadukan dengan cita-cita hidup bangsa yang dijiwai oleh semangat kekeluargaan, sehingga tidak ada dominasi mayoritas atau minoritas.

Contoh : Bebas mengeluarkan pendapat, Menghargai pendapat orang lain, Menjujung tinggi Hak Asasi Manusia.

Jelaskan mengapa Negara kesatuan yang berbentuk Republik dianggap sudah final serta apa dasar hukumnya!

Negara model dunia adalah Negara yang mencukupi syarat : Tira

ni (Kerajaan), Common Wealth (Persemakmuran), dan Federal. Karena ketiga model diatas tidak cocok, maka dibuat rumusan sendiri yaitu kesatuan yang berkedaulatan rakyat dan sudah dianggap satu (final). Sedangkan Negara Republlik adalah sebuah Negara dimana tampuk pemerintahan akhirnya bercabang dari rakyat, bukan dari prinsip keturunan bangsawan dan sering dipimpin/dikepalai oleh Preesiden. Republikanisme adalah pandangan bahwa sebuah republik merupakan bentuk pemerintahan terbaik. Republikanisme juga dapat mengarah pada ideologi dari banyak partai politik yang menamakan diri mereka Partai Republikan.

Jelaskan dan gambarlah cara mengukur laut territorial dengan teori Point to Point!

Laut teritorial atau perairan teritorial (bahasa Inggris: Territorial sea) adalah wilayah kedaulatan suatu negara pantai selain wilayah daratan dan perairan pedalamannya; sedangkan bagi suatu negara kepulauan seperti Indonesia, Jepang, dan Filipina, laut teritorial meliputi pula suatu jalur laut yang berbatasan dengannya perairan kepulauannya dinamakan perairan internal termasuk dalam laut teritorial pengertian kedaulatan ini meliputi ruang udara di atas laut teritorial serta dasar laut dan tanah di bawahnya dan, kedaulatan atas laut teritorial dilaksanakan dengan menurut ketentuan Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut (United Nations Convention on the Law of the Sea)[1] lebar sabuk perairan pesisir ini dapat diperpanjang paling banyak dua belas mil laut (22,224 km) dari garis dasar (baseline-sea)

Istilah laut teritorial dan perairan teritorial kadang-kala digunakan pula secara informal untuk menggambarkan dimana negara memiliki yurisdiksi, termasuk perairan internal, zona tambahan, zona ekonomi eksklusif dan landas kontinen berpotensi.

Jelaskan pengertian istilah :

  • Territoriale Zee En Maritieme Kringen Ordonnantie  diterbitkan tahun 1939. Ordonnantie itu suatu jenis peraturan perundang-undangan yang dibuat pada Zaman Kolonial Hindia Belanda oleh pemimpin tertinggi di kawasan kolonial, yaitu Gouvernour Generaal. Isi pokoknya adalah pemberlakuan laut wilayah Hindia Belanda selebar 3 mil laut
  • Point to Point

Pada tgl 13 Desember 1957, Pemerintah Indonesia mengumumkan tentang batas laut Nasional sejauh 12 mil dengan menggunakan point to point theory, dihitung dari garis dasar, mengelilingi seluruh pulau dan perairan Indonesia.Pengumuman pemerintah ini dikenal dengan “Deklarasi JUanda 1957”. Melalui Deklarasi Juanda ini seluruh selat dan laut yang berada diantaranya pulau- pulau besar Indonesia, termasuk udara diatasnya, merupakan wilayah nasional Indonesia. Deklarasi Juanda merupakan konsepssi Nusantara 1, yang bersifat kewilayahan sejauh 12 mil.

  • Landas Kontingen Indonesia

Landas Kontingen adalah suatu Negara berpantai meliputi dasar laut dan tanah di bawahnya yang terletak di laur laut teritorialnya sepanjang merupakan kelanjutan alamiah wilayah daratannya. Jaraknya 200 mil laut dari garis pangkal atau dapat lebih dari itu dengan tidak melebihi 350 mil, tidak boleh melebihi 100 mil dari garis batas kedalaman dasar laut sedalam 2500 mil.Landas Kontinen (BLK) adalah daerah di bawah laut yang meliputi dasar laut dan tanah di bawahnya dari daerah dibawah permukaan laut yang terletak di luar laut teritorial sepanjang kelanjutan alamiah wilayah daratan hingga pinggiran laut tepi kontinen, sehingga suatu jarak 200 mil laut dari garis pangkal, dalam hal pinggiran luar tepi kontinen tidak mencapai jarak tersebut. Garis batas luar kondisi kontinen pada dasar laut, tidak boleh melebihi 350 mil laut dari garis pangkal atau tidak melebihi 100 mil laut dari garis kedalaman (isobath) 2500m, kecuali untuk elevasi dasar laut yang merupakan bagian alamiah tepian kontinen, seperti pelataran (plateau), tanjakan (rise), puncak (caps), ketinggian yang datar ( banks) dan puncak gunung yang bulat (spurs).

  • Archipelago Konsep

Definisi Archipelago. Kata ‘archipelago’ dan ‘archipelagic’ berasal dari kata Italia ‘archipelagos’. Akar katanya adalah ‘archi’ berarti terpenting, terutama dan pelages berarti laut atau wilayah lautan. Jadi, archipelago dapat diartikan sebagai lautan terpenting.

ARCHIPELAGO CONCEPT adalah laut sebagai penghubung daratan sehingga negara menjadi satu kesatuan yang utuh sebagai tanah air dan ini disebut Negara.

  • Social of Human Right

Social of Human Right adalah Hak Asasi Manusia yang salah satu contohnya adalah hak untuk mendapatkan pendidikan.

Source : http://id.shvoong.com/social-sciences/2144236-bentuk-pemerintahan-republik/#ixzz2FP0Uj1yF

http://id.shvoong.com/law-and-politics/international-law/2117274-pengertian-landas-kontinen/#ixzz2FT9YAZKQ

http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2117263-pengertian-archipelago/#ixzz2FTBYLcAg

http://www.google.com

7 thoughts on “Contoh Soal Latihan UAS PKn

Leave a comment